Menu Close

PANDUAN PERJALANAN DESTINASI WISATA LADAKH

Sepuluh Destinasi Wisata Teratas di Afrika

Istana Leh yang dikenal dengan ‘Lhachen Palkhar’ adalah bekas istana kerajaan Kerajaan Leh. Terletak di kota Leh. Ini adalah salah satu daya tarik wisata terbesar kota Leh. Istana abad ke-17, Istana Leh juga merupakan salah satu bangunan tertinggi pada masanya dengan sembilan lantai. Ini memberikan pemandangan spektakuler dari pegunungan Stok Kangri dan pegunungan Ladakh serta kota dan sekitarnya. Istana tersebut sekarang dalam kondisi rusak karena dirawat dan dipugar oleh ‘Survei Arkeologi India’ (ASI).

Sejarah Ladakh

Pendiri Dinasti Namgyal dari Ladakh, Tsewang Namgyal memulai pembangunan Istana Leh di Bukit Tsemo pada tahun 1553. Pembangunannya selesai pada abad ke-17 pada masa pemerintahan Sengge Namgyal yang dikenal sebagai ‘Raja Singa’. Lantai atas istana berlantai sembilan digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan, sedangkan lantai bawah memiliki gudang dan kandang kuda. Pada pertengahan abad ke-19 ketika pasukan Dongra menyerbu dan mengambil alih Ladakh, keluarga kerajaan harus pindah ke Istana Stok. Istana Leh tidak hanya tetap menjadi saksi tak berdaya untuk perang parah tetapi juga menghadapi kemurkaan karena menangani kerusakan serius.

Arsitektur

Meski berdimensi lebih kecil, Istana Leh menyerupai Istana Potala Lhasa. Ini adalah salah satu contoh terbaik dari arsitektur Tibet abad pertengahan. Dibangun dari batu, kayu, lumpur dan pasir, dinding istana menciptakan suasana yang nyaman, dingin di musim panas yang keras dan hangat di musim dingin. Meskipun istana ini berupa reruntuhan tetapi pintu masuk berukir, kompartemen kecil, beberapa kamar dan koridor yang luas masih ada dalam kemuliaan aslinya. Banyak kamar dan koridor istana yang lebih besar telah diubah menjadi ruang pameran. Sejumlah mural yang terukir di dinding istana menggambarkan kemegahan di masa lalu.

Menara Kemenangan yang terletak tepat di atas istana adalah tengara yang terkenal. Itu dibangun untuk mengenang pertempuran abad ke-16 yang dilakukan oleh tentara Ladakhi melawan tentara Balti Kashmiri yang menyerang.

Atraksi

Istana kerajaan agung Leh menghadap ke bukit Namgyal yang terletak di atas kota tua Leh. Meringkuk di pangkuan pemandangan yang indah, Istana adalah tujuan wisata populer di Leh. Pusat penting budaya dan agama Buddha memberikan pemandangan spektakuler. Sebuah patung Buddha menghiasi biara istana. Gambar dan lukisan tua ditampilkan di ruang pameran istana, yang meliputi thangka Tibet dan lukisan artistik lainnya. Lukisan yang berusia lebih dari 450 tahun disimpan di sini. Beberapa dari spesimen halus ini dibuat dengan menggunakan warna yang berasal dari bubuk batu dan permata. Hingga saat ini lukisan-lukisan ini mempertahankan penampilannya yang kaya dan cerah. Istana Leh menyimpan banyak koleksi mahkota, gaun upacara, dan perhiasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *