Menu Close

CHILI DIHARGAI SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA DUNIA TERBAIK

CHILI DIHARGAI SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA DUNIA TERBAIK

Untuk kedua kalinya berturut-turut, Chili dianugerahi sebagai tujuan wisata dunia terbaik, seperti yang dideklarasikan oleh Jorge Rodríguez Grossi. Menteri Ekonomi bersama dengan Javiera Montes, Wakil Menteri Pariwisata dan Marcela Cabezas Keller, Direktur Nasional Sernatur. Setelah World Travel Awards ke-24, yang umumnya dikenal sebagai “Penghargaan Oscar untuk Pariwisata”, negara kita diakui sebagai pemimpin dalam kategori ini.

Nominasi pemenang dilakukan melalui pemungutan suara langsung di situs World Travel Awards. Di mana negara kita mengungguli negara lain seperti Australia, Kanada, Ekuador, Jepang, Selandia Baru, Sri Lanka, Thailand, dan Amerika Serikat.

Dengan pengakuan ini negara kita mengukuhkan kerja promosi internasionalnya yang telah dilakukan. Demikian ditunjukkan dengan kedatangan turis asing di Chile yang telah berlipat ganda dalam 6 tahun terakhir berkisar dari 2,8 juta. Pada tahun 2010 menjadi 5,6 juta pada tahun 2016, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata 12,8 %.

Penghargaan tersebut diterima oleh perwakilan pemerintah, duta besar Chili di Vietnam, Claudio de Negri. Di Pulau Phu Quoc dimana diadakannya final World Travel Awards, sebuah hadiah yang dibuat pada tahun 1993 untuk mengetahui. Memberikan penghargaan dan merayakan keunggulan dalam pariwisata industri. Saat ini label tersebut diakui di seluruh dunia dan hadiahnya telah dinominasikan sebagai “Oscar Pariwisata” oleh Wall Street Journal.

CHILI MENJADI DESTINASI WISATA TERBAIK

Chili memiliki keunggulan komparatif dan elemen pembeda kapan saatnya bersaing sebagai destinasi wisata. Menurut angka Surveys Division Deputi Kementerian selama tahun 2016 dari total 1.984.890 wisman yang tiba di Chili. Melalui Bandara Internasional Santiago, lebih dari separuh dari mereka menyatakan bahwa alasan utama memilih Chile sebagai tujuan wisata adalah alam, pemandangan alam, flora dan fauna Chili.

Selain itu, dinyatakan bahwa kegiatan utama yang dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Chile adalah kunjungan ke kawasan lindung liar dan kegiatan perairan darat. Selama tahun 2016 kawasan lindung liar menerima total pengunjung 3.068.184. Dari mereka 26% merupakan wisatawan asing, sedangkan 74% sisanya adalah wisatawan nasional.

Dalam 5 tahun terakhir kunjungan ke taman nasional meningkat pada periode ini dengan rata-rata tahunan sebesar 11,3%. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini, wisatawan Chili meningkatkan kunjungan mereka dalam 11,5% dari rata-rata tahunan dan 10,7% pengunjung asing.

Dari sisi dampak terhadap perekonomian nasional sebagai konsep wisata alam dan petualangan, selama tahun 2016 wisatawan mancanegara. Nasional memberikan kontribusi terhadap perekonomian US 1,352 juta atau setara dengan 15,9% dari total belanja pariwisata.

Menurut angka Divisi Survei Deputi Kementerian Pariwisata, dari Januari hingga Oktober 2017 sebanyak 5.239.950 wisatawan mancanegara telah tiba di Chile, yang setara dengan 93% wisatawan yang datang pada tahun 2016 saat kita memiliki 5,6 juta pendatang asing.

Antara November dan Desember diperkirakan mendekati 1,2 juta kedatangan wisatawan internasional.

Seperti yang dapat kami perkirakan, akan ada total 6,4 juta kunjungan wisatawan selama tahun ini yang berarti tumbuh 13,5% dibandingkan tahun 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *